Petunjuk Operasional Standard (POS) PPDB Tahun Pelajaran 2013-2014

KEPUTUSAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KOTA KENDARI
TENTANG
PROSEDUR OPERASI STANDAR  (POS) PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)
TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS/ MADRASAH ALIYAH (SMA/MA), DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KOTA KENDARI
NOMOR : 421.3/ 1348/ 2013

 

I. Penyelenggara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

  1. Penyelenggara PPDB Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah semua  SMA/MA dan SMK lingkup Pemerintah Kota Kendari;
  2. Dinas Pendidikan Nasional Kota Kendari melaksanakan fungsi kontrol dengan rincian tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
  • merencanakan penyelenggaraan PPDB;
  • menyusun POS;
  • mengkoordinasikan dan melakukan sosialisasi;
  • menetapkan jadwal pelaksanaan;
  • menetapkan pagu yang diterima;
  • mengevaluasi pelaksanaan dan membuat laporan untuk diteruskan kepada Walikota Kendari.

II. Tugas dan Tanggung Jawab Penyelenggara Satuan Pendidikan

Penyelenggara Satuan Pendidikan memiliki tugas dan tanggung jawab:

  1. membentuk panitia;
  2. melakukan sosialisasi pada masyarakat luas;
  3. melaksanakan pendaftaran online;
  4. merangking pendaftar berdasarkan rata-rata nilai UN/US dan rapor secara online;
  5. melaksanakan verifikasi berkas;
  6. mengeluarkan kartu tes;
  7. melaksanakan tes tertulis;
  8. mengumumkan pendaftar yang diterima secara online;
  9. melakukan pendaftaran ulang;
  10. melakukan Masa Orientasi Siswa (MOS);
  11. membuat laporan kepada kepala dinas.

III. Pendaftaran Online

  1. Alamat situs oniline: http://diknas.kendarikota.go.id/ppdb
  2. Pendaftaran online meliputi: registrasi peserta, pengisian data/nilai, pencetakan kartu, perangkingan pelamar, pengumuman;
  3. Pendaftaran online terbuka 24 jam;
  4. Pendaftar dinyatakan gugur apabila saat verifikasi berkas yang bersangkutan terbukti memalsukan isian data online; 

IV.  Peserta dan Seleksi

  1. Peserta seleksi adalah siswa SMP/MTs/Paket B/Wuthsa yang memiliki ijazah asli atau surat keterangan asli yang kedudukannya sama dengan ijazah dan SKHUN asli atau SKHUN sementara yang ditandatangani oleh kepala sekolah;
  2. Seleksi calon siswa menggunakan Nilai Ujian Nasional/Ujian Sekolah, Nilai Rapor, dan Nilai Hasil Tes Tertulis;
  3. Syarat khusus untuk SMK diatur tersendiri pada masing-masing satuan pendidikan;
  4. Siswa yang sementara menunggu nilai Ujian Kesetaraan tetap diseleksi dengan Nilai UN yang ada dan syarat lain sebagaimana dimaksud poin (2);
  5. Siswa sebagaimana dimaksud poin (3) ternyata tidak lulus, maka yang bersangkutan tidak diperkenankan lagi mengikuti proses belajar selanjutnya;
  6. Bagi yang beragama Islam, kemampuan membaca Alquran menjadi sebagian syarat diterima menjadi siswa baru.
  7. Kemampuan membaca Alquran diuji dalam ruangan oleh tim bentukan kepala sekolah;
  8. Bagi yang beragama lain menggunakan aturan agama masing-masing.
  9. Usia calon siswa tidak lebih dari 21 tahun per 1 Juli 2013.

V.  Nilai Seleksi

  1. Nilai yang digunakan seleksi PPDB adalah nilai Ujian Nasional/Ujian Sekolah, nilai hasil tes tertulis, dan nilai rapor.
  2. Nilai Ujian Nasional adalah nilai yang tertera dalam SKHUN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  3. Nilai Ujian Sekolah adalah nilai hasil Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
  4. Nilai rapor adalah nilai yang tertera dalam buku rapor siswa semester III, IV, dan V.
  5. Nilai hasil tes tertulis adalah nilai hasil tes yang diselenggarakan oleh panitia satuan pendidikan untuk mata pelajaran Bahas Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

VI.  Jumlah Soal dan Komposisi Nilai Akhir

1.    Jumlah soal untuk tes tertulis sebagai berikut:

  • Bahasa Indonesia 15 nomor soal
  • Bahasa Inggris 15 nomor soal
  • Matematika 15 nomor soal
  • Ilmu Pengetahuan Alam 15 nomor soal
  • Ilmu Pengetahuan Sosial 15 nomor soal.

2.    Komposisi nilai akhir: UN/US 50%,  hasil tes tertulis 30%,  rapor 20%.

VII.  Waktu Pendaftaran

  1. Sosialisasi Online dan  media cetak mulai   : Senin-Sabtu, 3-15 Juni 2013
  2. Pendaftaran                                                          : Senin-Sabtu, 17-22 Juni 2013;
  3. Verifikasi berkas                                                  : Senin-Kamis, 24-27 Juni 2013
  4. Tes Tertulis                                                          : Jumat, 28 Juni 2013;
  5. Pengumuman Hasil                                           : Senin, 1 Juli 2013;
  6. Pendaftaran Ulang                                             : Selasa-Rabu, 2-3 Juli 2013;
  7. MOS                                                                       : Kamis-Sabtu, 4-6 Juli 2013;
  8. Hari pertama sekolah                                        : Senin-Rabu, 15-17 Juli 2013.

VIII.  Verifikasi Berkas

  1. Fotocopy ijazah, fotocopy SKHUN, dan fotocopy rapor semester III, IV, dan V yang dilegalisir oleh kepala sekolah asal;
  2. Surat keterangan berbadan sehat bagi siswa SMK asli;
  3. Prestasi dan penghargaan bidang OSN, O2SN, dan FL2SN asli;
  4. Kartu pendaftaran online;
  5. Syarat lain untuk kelengkapan verifikasi berkas.

IX. Prestasi, Penghargaan, dan Letak Geografis

1.    Prestasi dan penghargaan meliputi bidang OSN, O2SN, dan FL2SN;
2.    Prestasi dan penghargaan sebagaimana dimaksud butir (1) satu di atas sebagai berikut:

  • Juara I, II, III Tingkat Nasional/ Internasional atau Juara I Tingkat Provinsi bebas masuk tanpa seleksi;
  • Juara II Tingkat Provinsi mendapat tambahan nilai 50%;
  • Juara III Tingkat Provinsi mendapat tambahan nilai 30%;
  • Juara I Tingkat Kabupaten/Kota tambahan nilai 25%;
  • Juara II Tingkat Kabupaten/Kota tambahan nilai 20%;
  • Juara III Tingkat Kabupaten/Kota tambahan nilai 10%;

3.    Siswa yang memiliki lebih dari satu prestasi/ penghargaan dapat memilih salah satu untuk mendapat tambahan nilai.
4.    Letak geografis sekolah asal menjadi pertimbangan satuan pendidikan.

X.  Pagu yang Diterima

  1. Pagu yang diterima maksimal 9 rombongan belajar dengan rasio 32 siswa per rombongan belajar;
  2. Jumlah pagu SMA yang diterima, dalam kota miminimal 90%, luar kota maksimal 10%;
  3. Jumlah pagu SMK diatur proporsional pada masing-masing satuan pendidikan;

XI. Pendaftaran Ulang 

Pendaftar membawa kartu pendaftaran online dan kartu tes;

XII.  Ketentuan MOS

  1. Tidak diperkenankan perpeloncoan;
  2. Panitia pelaksana yang melanggar ketentuan poin (1) segera diberhentikan, selanjutnya diganti dengan panitia yang baru;
  3. Pelaksanaan MOS di sekolah harus bernuansa akademik seperti pendidikan karakter, wawasan wiyatamandala, diskusi ilmiah, atau seminar;
  4. Pelaksanaan MOS di luar sekolah difokuskan pada isu-isu sosial seperti bakti sosial, kegiatan pembersihan, atau gerakan penghijauan;

XIII.  Pembiayaan

  1. Operasional PPDB ditanggung masing-masing sekolah penyelenggara yang bersumber dari dan BOP dan BOS;
  2. Kegiatan PPDB mulai dari pendaftaran online, pengolahan data, tes tertulis, pengumuman sampai dengan pendaftaran ulang bagi yang dinyatakan lulus tidak dipungut biaya.

XIV.  Lain-Lain

  1. Apabila terjadi keadaan di luar kemampuan seperti jaringan buruk atau kerja situs online gagal, maka proses pendaftaran kembali dilakukan secara manual.
  2. Pelaksanaan poin 1 (satu) akan diumumkan oleh ketua panitia PPDB kota setelah memperoleh pernyataan tertulis dari pengelola situs online. Perihal yang tidak berhubungan dengan kerja situs online tetap berjalan seperti biasa.
  3. Penambahan jumlah rasio siswa/rombongan belajar karena minimnya pelamar saat pendaftaran online dapat dilakukan setelah mendapat izin dari kepala dinas.

XV.  Monitoring dan Evaluasi

  1. Kegiatan monitoring dan evaluasi secara internal dilakukan oleh panitia tingkat sekolah dan kepala sekolah;
  2. Kegiatan monitoring dan evaluasi secara eksternal dilakukan oleh pengawas sekolah dan bidang teknis Diknas Kota kendari.

XVI.  Sanksi

  1. Sekolah penyelenggara yang melanggar ketentuan POS diberi sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku;
  2. Semua pelanggaran yang dilakukan oleh sekolah penyelenggara dilaporkan kepada kepada Ketua PPDB Kota kendari untuk selanjutnya disampaikan kepada kepala dinas.

 

                                                                                                                                                                                                        Ditetapkan di Kendari
                                                                                                                                                                                                        Juni 2013
                                                                                                                                                                                                        Kepala Dinas,

 

                                                                                                                                                  Drs. Kasman Arifin, M.Si.
                                                                                                                                                
  Pembina Utama Muda, IV/C
                                                                                                                                                  Nip 19601231 198603 1 031

Tembusan Yth:

  1. Walikota Kendari sebagai laporan;
  2. Ketua DPRD Kota Kendari c.q. Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari;
  3. Kepala Inspektorat Daerah Kota Kendari;
  4. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Kendari;
  5. Korwas c.q. pengawas SMA Kota Kendari
  6. Masing-masing Kepala SMA;
  7. Arsip.